Affiliate Program ”Get Money from your Website”

Jumat, 03 Agustus 2012

10 Tips Menungkatkan Pengunjung Blog

Tadi saya jalan-jalan ke blog orang dan saya menemukan tips yang sangat menarik dan sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja. Jadi sekalian saja saya posting untuk sahabat blogger sekalian.
Dari sepuluh tips yang saya baca, ini yang dapat saya simpulakan.
1.      Saat blog anda pertama kali dibuat, usahakan untuk membuat sekurang-kurangnya 5 artikel, dan diharapkan kesemuanya itu adalah artikel pilar. Maksudnya artikel-artikel  pertama yang anda tulis berisis tentang tips-tips, cara-cara, atau tutorial yang bertujuan untuk mengajarkan sesuatu kepada pembaca.,
contohnya adalah artikel ini. Artikel ini bersifat aktual, tidak mudah basi, dan memiliki manfaat, semakin banayk artikel pilar, maka akan semakin bagus.
2.      Tulislah minimal 1 artikel perhari, anada tidak harus menulis artikel pilar setiap harinya, yang penting blog atau website anda selalu up tu date. Ini bertujuan agar pembaca anda tidak bosan.. Dengan begini mungkin pengunjung blog anda akan kembali lagi keesokan harinya, dan mingkin mereka akan mem-bookmark website anda. Anda tidak harus menulis artikel setiap harinya, tapi anda harus tetap menjaga agar konten yang anda posting tetap segar.
3.      Gunakan nama domain yang bemar. Nama blog atau nama url anda hendaknya sesuatu yang mudah diingat pembaca, agar pembaca mudah mengabarkan dari mulut ke mulut nantinya.
4.      Mulailah memberikan komentar ke blog/website lain. Setelah blog anda memiliki artikel pilar dan artikel lain yang anda tulis setiap hari, maka blog anda sudah siap untuk disampaikan kepada khalayak. Dan salah satu caranya adalah dengan memberikan komentar ke blog orang yang mempunya artikel yang sejenis (sama). Usahakan komentar yang anda berikan bersifat membangun. Kebanaykan sistem komentar pada website, memungkinkan anda untuk meletakkan url pada komentarnya. Jadi, setelah anda memberikan komentar, anda bisa meletakkan alamat blog anda.
5.      Berilah trackback dan link ke blog lain dalam posting artikel Anda. Trackback adalah semacam model percakapan di blog. Ketika Anda menulis artikel sebuah artikel baru di blog Anda dan memberikan link atau referensi ke artikel dari blog lain, Anda bisa memberikan trackback bagi mereka. Dengan kata lain, Anda meninggalkan link artikel dari blog Anda di blog mereka - ini seperti memberitahu mereka bahwa Anda menulis sebuah artikel yang menyebut tentang mereka. Trackback seringkali mirip komentar.

Ini adalah sebuah teknik yang bagus karena seperti halnya meninggalkan komentar, sebuah trackback juga meninggalkan link sehingga pembaca bisa mengikutinya, namun trackback juga memberikan sesuatu yang sangat penting - ia membuat Anda mendapatkan perhatian dari blogger lain. Blogger lain akan datang dan membaca posting artikel Anda karena ingin tahu apa yang Anda tulis tentang mereka. Selanjutnya mereka mungkin akan menjadi pembaca setia blog Anda atau setidaknya akan memonitor Anda dan jika Anda beruntung suatu ketika mereka mungkin akan menulis posting artikel yang memberikan link ke blog Anda sehingga akan memberikan lebih banyak pembaca baru ke blog Anda.
6.      Masukkan artikel pilar Anda ke blog carnival. Sebuah blog carnival adalah sebuah posting dalam sebuah blog yang merangkum koleksi artikel dari berbagai blog yang berbeda mengenai topik tertentu. Ide dasarnya adalah untuk mengumpulkan sejumlah konten yang terbaik mengenai sebuah topik dalam jangka waktu tertentu. Seringkali, blog-blog lain akan memberikan link back ke blog carnival dan dengan demikian mereka yang artikelnya ditampilkan di blog carnival akan mendapatkan kesempatan menerima pembaca baru.

Untuk menemukan blog carnival yang tepat bagi blog Anda, silahkan kunjungi BlogCarnival.com
7.      Daftarkan blog Anda ke BlogTopSites.com. Jujur saja, tips ini tidak akan memberikan pembaca dalam jumlah yang besar, namun sangatlah mudah untuk melakukannya dan hanya membutuhkan waktu lima menit jadi cukup layak untuk Anda lakukan. Kunjungi Blog Top Sites, temukan kategori yang sesuai dengan blog Anda dan daftarkan blog Anda. Anda barangkali hanya akan mendapatkan 1-10 pembaca per hari dengan teknik ini namun dengan berjalannya waktu jumlah tersebut akan berlipat ketika ranking Anda juga meningkat.
8.      Masukkan artikel Anda ke EzineArticles.com. Ini adalah tips lain yang tidak akan memberikan ratusan pembaca baru secara langsung (meskipun itu bisa terjadi jika Anda terus melakukannya) namun langkah ini cukup layak dilakukan karena Anda sekedar memperkuat apa yang sudah Anda miliki - artikel pilar Anda. Satu kali seminggu atau lebih ambil salah satu artikel pilar Anda dan masukkan ke EzineArticles.com. Artikel Anda selanjutnya bisa dibaca dan dipublikasikan ulang di situs atau newsletter mereka yang membaca artikel Anda.

Bagaimana Anda mendapatkan keuntungan adalah melalui apa yang disebut “Kotak Resource” Anda. Anda menciptakan sendiri kotak resource Anda yang mirip file signature dimana Anda mencantumkan satu atau dua kalimat dan memberikan link back ke blog Anda. Setiap orang yang mempublikasikan artikel Anda harus mencantumkan kotak resource Anda sehingga Anda akan mendapatkan link back juga. Jika seseorang memiliki newsletter dengan pembaca yang cukup banyak mempublikasikan artikel Anda, maka Anda juga akan mendapatkan banyak pembaca baru.
9.      Tulislah lebih banyak artikel pilar. Apapun yang Anda lakukan diatas akan membantu Anda untuk menemukan pembaca, namun semua teknik yang saya sampaikan tersebut hanya akan bekerja dengan baik apabila Anda telah memiliki artikel pilar yang cukup kuat. Tanpa artikel pilar, jika Anda melakukan semua hal diatas Anda mungkin akan mendapatkan pembaca namun mereka tidak akan bertahan lama atau malas untuk kembali. Fokuskan untuk menulis satu artikel pilar yang bagus setiap minggu dan di akhir tahun Anda akan memiliki sebuah data base dengan lebih dari 50 artikel pilar yang bagus yang akan bekerja keras demi Anda untuk mendatangkan lebih banyak pembaca.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

SUMBER : http://info-info-terkini.blogspot.com/2008/10/10-tips-mudah-menarik-pembaca-blog-anda.html

1 komentar:

  1. wah bagus nih
    kunjungi blog sy ya
    http://ginidoang.blogspot.com

    BalasHapus